TNI  

Wujudkan Generasi Muda Berkarakter, Saka Wira Kartika Kodim Bojonegoro gelar Perkemahan

Kopastv.com Bojonegoro – Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro, Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., membuka kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu dan Minggu (Perjusami) Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika tahun 2024 dilapangan Desa Ngunut Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (17/5/2024).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Bersatu dengan Alam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan dan Peduli Lingkungan’ ini dilakukan sebagai salah satu upaya mendukung pemerintah dalam menyiapkan kekuatan pendukung secara dini.

Dalam Amanatnya, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., menyampaikan, kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini merupakan program TNI Angkatan Darat yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membina dan membentuk generasi muda Indonesia yang berkepribadian baik, berakhlak mulia, disiplin, terampil, dan berjiwa ksatria serta memiliki rasa cinta tanah air dengan semangat bela negara.

“Perlu adik-adik ketahui bahwa kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini adalah suatu wujud latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan, tanggung jawab serta jiwa korsa yang diarahkan kepada terbentuknya karakter tertentu,” ujarnya.

Selaku Kamabi Saka Wira Kartika, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., berharap, melalui kegiatan tersebut dapat memicu para anggota Saka Wira Kartika untuk berkreasi, lebih dekat dengan TNI dan menjadi kebanggaan orang tua. “Karena dengan pembinaan, seseorang bisa lebih disiplin dan mudah diarahkan,” tambahnya.

Diakhir amanatnya, Dandim 0813 Bojonegoro berpesan, agar seluruh peserta kegiatan ini untuk selalu meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, manfaatkan kegiatan ini untuk menambah semangat kedisiplinan, pengalaman dan juga menambah teman sebagai modal menyongsong masa depan.

“Selalu pedomani jiwa Pramuka Sejati yang tertuang dalam Dwi Dharma, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Semoga dengan adanya kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini dapat memberikan dampak yang positif, berdisiplin dan berwawsan kebangsaan guna mewujudkan negara yang berkarakter,” kata Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bojonegoro, Mahmudi, S.Sos., MM., menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung sekali atas kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodim 0813 Bojonegoro sebagai upaya membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter tangguh dan berwawasan kebangsaan.

“Kami berharap kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat seperti ini akan terus berkelanjutan. Dan kami juga siap bersinergi, berkolaborasi dengan Kodim 0813 Bojonegoro dalam upaya peningkatan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, semangat kejuangan serta pembentukan karakter yang tangguh terhadap kaum muda,” pungkasnya.

Usai kegiatan pembukaan perkemahan Saka Wira Kartika Kodim 0813 Bojonegoro, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama di area wisata Grow Goland Desa Ngunut Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro serta pembagian sembako kepada anak yatim dan warga masyarakat kurang mampu.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya Pabanda Wanwil Staf Teritorial Kodam V Brawijaya, Mayor Inf Poniman, Pasi Wanwil Staf Teritorial Korem 082/CPYJ, Mayor Arh Ngateno, Kepala Kesbangpol Bojonegoro, Mahmudi, S.Sos., MM., Kepala Dinpora Bojonegoro, Amir Syahid, Forkopimcam Dander, Asper KRPH Pradok, Asper BKPH Dander, Ketua Kwarran Dander, serta Kepala Desa dan Perangkat Desa Ngunut.

( Jum/Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *