TNI  

Babinsa Koramil 0813-09/Sumberrejo Lakukan Pendampingan Kunjungan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bojonegoro di Desa Karangdinoyo

kopastv.com Bojonegoro – Babinsa Koramil 0813-09/Sumberrejo Serda Pasiyanto laksanakan kegiatan pendampingan serta pengamanan kunjungan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bojonegoro Helmy Elisabeth SP, MM. di Desa Karangdinoyo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro.

Kedatangan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Bojonegoro di sambut hangat para petani bersama Kepala Desa Karangdinoyo dan Perangkat Desa. Kunjungan yang dilakukan untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan para petani.

Kegiatan di awali dengan rapat koordinasi musim tanam ke dua bersama Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) dan Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA), di Rumah Kepala Dusun Nglajer Desa Karangdinoyo sekitar pukul 14.30 wib.(Kamis/16/05/2024).

Selanjutnya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bojonegoro turun ke areal persawahan mengecek keadaan pertumbuhan tanaman padi.

Dari hasil pantauan pertumbuhan padi pada usia tanam 36 hari terlihat kekurangan air serta keadaan tanah cenderung kering dan bertekstur pecah-pecah (nelo).

Bapak Arifin (54) salah satu petani mengatakan selama musim tanam kedua ini, kami petani sangat kesulitan mencari air karena yang kami andalkan hanya tadah hujan.

“Untuk stok pupuk, Alhamdulillah kita tidak kesulitan”, Pungkas Arifin.

Mendengarkan keluhan petani setempat Ibu Helmy Elisabeth SP, MM, mencoba koordinasi masalah air dengan Ketua HIPPA Desa Karangdinoyo agar masalah segera teratasi dan persawahan segera teraliri agar panen padi bisa maksimal.

Di bawah kepemimpinan Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, Babinsa Desa karangdinoyo , Koramil 0813-09/Sumberrejo Serda Pasiyanto aktif mendukung program ketahanan pangan dan swasembada padi di wilayah binaannya.

“Peran Babinsa bukan hanya dalam keamanan wilayah, tetapi juga dalam mendukung program-program pemerintah desa terkait ketahanan pangan”, ucap Serda Pasiyanto.

Serda Pasiyanto menegaskan bahwa kami hadir berperan aktif melaksanakan pendampingan kepada para petani, dimulai dari penyuluhan, pengolahan lahan, penanaman hingga panen sebagai wujud kepedulian TNI AD, khususnya Koramil 09/Sumberrejo Kodim 0813 Bojonegoro dalam mendukung program swasembada dan Ketahanan pangan pemerintah.

( Jum/Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *