Gua Akbar : Pesona Keindahan Bebatuan Yang Terkikis Oleh Air

KOPASTV.COM TUBAN || Pengunjung menikmati suasana Gua Akbar di Tuban, Jawa Timur,Wisata gua yang memiliki lorong berkelok sepanjang 1,2 kilometer disertai stalaktit dan stalagmit yang masih meneteskan air itu berada di tengah kota sehingga mudah untuk diakses wisatawan .

Jika anda berkunjung ke kota Tuban di Jawa Timur, tidak ada salahnya jika Anda mampir ke salah satu destinasi wisatanya yang indah dan memiliki sejarah religius, yaitu Gua Akbar. Jika pada umumnya mulut gua berada di atas tanah atau sejajar dengan tanah, maka lain halnya dengan Gua Akbar yang memiliki mulut gua berada di sebuah lubang besar bawah tanah.

Sangat disayangkan jika Anda berada di kota Tuban, namun tidak mengunjungi wisata Gua Akbar di Tuban yang mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri dibanding dengan gua pada umumnya. Bagaimanakah rasanya berpetualang menelusuri lorong-lorong gua? Apa saja cerita yang tersimpan di balik keindahan Gua Akbar ini?

Terletak di Dusun Semanding, Desa Gedongombo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban dan berjarak kurang lebih 5 kilometer dari pusat Kota Tuban atau alun-alun Kota Tuban. Objek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Kondisi jalan menuju lokasi Gua Akbar terbilang cukup bagus namun sempit, karena sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beraktivitas, apalagi destinasi wisata ini berdekatan dengan sebuah pasar tradisional. Selain itu, Anda juga di sarankan untuk tidak menggunakan transportasi mobil ketika menuju lokasi, dikhawatirkan terjadi kemacetan di sekitar area tersebut.

Setelah sampai di titik lokasi, Anda akan melihat keramaian jual beli di pasar. Namun Anda tidak perlu khawatir, masyarakat yang ramah akan membantu Anda untuk sampai ke lokasi Gua Akbar tersebut. Setiba di lokasi, Anda akan melihat loker tiket berwarna hijau. Untuk hari Senin-Jum’at, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 – 25.000 untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.

Sebelum memasuki gua, Anda akan melihat beberapa satwa yang dirawat di dalam kandang dan masyarakat yang masih berjualan. Saat mendekati mulut Gua Akbar, Anda akan turun terlebih dahulu ke sebuah lubang yang sudah tersedia tangga. Sambil menuruni tangga, mata Anda akan dimajakan dengan pemandangan dari atas tangga melihat panorama indah di sekitar area gua tersebut.

Untuk menelusuri gua, Anda akan berjalan mengikuti jalan yang sudah dipaving dan telah dipagari, jadi Anda tidak perlu khawatir akan tersesat di dalam gua. Selain itu, di dalam gua juga sudah tersedia lampu penerang yang berwarna-warni di setiap sudut gua. Anda juga tidak perlu khawatir saat berada di dalam gua, karena di beberapa sudut gua juga terdapat pancaran sinar matahari yang membuat gua tidak lagi menjadi gelap. Namun ketika sampai di tengah perjalanan, Anda akan menjumpai bau-bau yang saat tidak enak dan menyengat. Hal tersebut dikarenakan lokasi gua yang sudah lebih dalam dan terdapat sarang kelelawar dan kotorannya, sehingga ketika Anda memasuki gua disarankan untuk memakai masker untuk meminimalisir bau yang akan tercium.


Di dalam gua, Anda juga akan melihat sebuah kolam kecil yang dipercaya sebagai tempat bersemedinya para sunan. Meski begitu, fasilitas di wisata ini terbilang cukup lengkap, mulai dari toilet, tempat beribadah yang berada di dalam Gua, tempat selfie dengan teman maupun keluarga, sampai dengan warung-warung kecil yang berada tidak jauh dari jalan keluar gua.

Editor ” Agus Ipenk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *