38 Ruas Jalan Di Lamongan Tahun Ini Di Perbaiki

  • Bagikan

KOPASTV.COM LAMONGAN || Pemerintah Kabupaten Lamongan optimistis meningkatkan pembangunan infrastruktur khususnya jalan. Melalui program JAMULA (Jalan Mantap dan Alus Lamongan) secara bertahap dituntaskan pembangunannya. Khusus di tahun 2024, ditargetkan akan ada 38 ruas jalan diperbaiki.

“Pada tahap pertama ini dibangun enam ruas jalan yaitu ruas Dadapan-Solokuro, Kedungpring-Sokobendu, Sugio-Tlanak, Sukodadi-Plembon, Sumberwudi-Maduran, dan Pucuk-Sekaran,” kata Sujarwo, Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Lamongan, pada rakor yang dipimpin Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di Gedung Gajah Mada Pemkab Lamongan.

Sementara 32 ruas jalan lain dikerjakan secara bertahap. Ruas jalan itu antara lain, ruas Cangkring-Talunrejo, Kalen-Jatipayak, Mojorejo-Jegreg, ruas Mojorejo-Medalem, Baturono-Kembangbahu dan lainnya.

Surjarwo menyebutkan, dari 665,47 kilometer jalan di Kabupaten Lamongan, 78,94 persen jalan dalam kondisi mantap, Senin 18 Maret 2024.

Khusus menghadapi Hari Raya Idulfitri, guna kelancaran lalu lintas mudik, Dinas PU Bina Marga melakukan pekerjaan rutin pemeliharaan jalan. Ada delapan ruas jalan yang telah rampung dikerjaan yakni antara lain ruas Made-Plembon, Tunjungmekar-Sambopinggir, Mantup-Ayamalas, Mantup-Sambeng serta Bluluk-Sukorame.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meminta untuk segera dilakukan percepatan maupun penambahan jumlah pemeliharaan rutin di jalan kabupaten sebelum Hari Raya Idulfitri.

“Terima kasih Pak Jarwo sudah 78 persen jalan dalam keadaan baik, khusus pemeliharaan di lebaran (Hari Raya Idulfitri) 20 ruas kalau bisa, dilakukan penambahan karena nanti akan menjadi akses masyarakat yang melakukan perjalanan mudik,” tutur Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan.

Pada kesempatan yang sama, Pak Yes mengapresiasi kesiapan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamongan dalam menyiapkan peningkatan kelancaran dan keselamatan wilayah di Kabupaten Lamongan mulai dari pemasangan pos peneduh pada perlintasan sebidang di lima titik.

“Pemasangan banner peringatan pada perlintasan sebidang, pengecekan palang pintu, mengcover keselamatan petugas palang pintu dalam BPJS Ketenagakerjaan, pemasangan petunjuk jalur alternatif, sosialisasi uji kir gratis.

Di samping itu, terkait cuaca ekstrem akhir-akhir ini, Pak Yes meminta untuk memaksimalkan program-program PU SDA dalam mengantisipasi luapan air hujan yang terjadi di daerah rawan banjir yakni di daerah banjir Muara Kali Asinan, banjir Bengawan Jero, Banjir Perkotaan, serta banjir Das Semarmendem.

Bupati Lamongan juga menekankan untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok di bulan ramadhan hingga Hari Raya Idulfitri. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Lamongan agar gencar melakukan kontrol terhadap harga bahan pangan dan pasokan bahan pangan.

Berdasarkan data dari Bulog stok persediaan di Gudang Karangkembang Lamongan per tanggal 17 Maret 2024 terdapat stok beras sebanyak 2,4 ribu ton.

Pewarta ” Ipenk // red
Editor ” kundono

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *