DLH Pati Akan Minta Lahan Perhutani untuk Pembuatan TPA

  • Whatsapp

KOASTV.COM-PATI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati akan meminta lahan Perhutani di wilayah Pati Selatan. Permintaan lahan tersebut untuk membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di wilayah tersebut.

Kepala DLH Pati Tulus Budiharjo mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Perhutani terkait hal tersebut. Namun belum mengetahui lokasi pasti lahan yang akan diminta.

Bacaan Lainnya

“Rencana kita, tanah perhutani bisa dimohon untuk fasilitas umum. Kami juga sudah koordinasi dengan Perhutani. Kita masih survei beberapa tempat yang mau minta untuk menjadi TPA,” ungkap Tulus, belum lama ini.

Menurut Tulus, keberadaan TPA di Pati Selatan sangat dibutuhkan. Pasalnya, kata dia, sampah di wilayah selatan harus di angkut ke TPA di Margorejo Pati. Sehingga dianggap menghabiskan biaya lebih.

“Kalau kita ambil sampah kesini (TPA Margorejo, Red) uangnya berapa. Sehingga Selatan proyeksi kedepan harus kita pikirkan. Kita akan komunikasi dengan perhutani. Untuk dibawah dibawah 5 hektar. Nanti kita fix kan mana yang nantinya mau kita mohon,” paparnya.

Untuk diketahui, salah satu di titik pembuangan sampah di Pati Selatan yakni berada di pinggir jalan Maitan Kecamatan Tambakromo. Maka, sebelum adanya TPA di Pati Selatan, pihaknya akan mencari solusi permasalahan sampah di kawasan tersebut.

“Dalam waktu dekat kita juga akan berkomunikasi dengan Pak Inggi Maitan agar terkait usulan nanti. Mungkin penanganannya seperti apa. Penanganan efektif seperti pengurangan sampah. Biar tidak semua sampah dibuang. Mungkin bisa dikasih sampah mana yang bisa dimanfaatkan,” pungkasnya.

Pewarta ” Rul / Fauzi
Editor ” A.yasin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *